Tuesday, January 4, 2011

Baterai Modem Sierra 881U

Memang di akui kalo dengan modem yang satu ini memang yahud, online berapa kali 24jam masih ok.
dari bentuknya aja udah sangar abis di banding modem yang kini bertebaran.

Modem ini menggunakan baterai entah sebagai apa juga saya kurang paham (maklum user only), tapi kalo gak salah sih fungsi baterai pada modem sierra 881U ini sebagai energi yang gunakan pada saat modem tersebut menerima atau memberikan akses data begittu.

Namun pada satu saat aku harus berada di satu tempat yang bisa di bilang pelosok (abis lokasinya kampung banget) dimana pada lokasi tersebut sangat susah untuk mendapatkan signal, boro-boro HSDPA ...! EDGE aja maju mundur alias gak stabil, nah untungnya aku bawa dua modem dimana yang satu itu gak ada colokan antena dan yang satu lagi sierra 881U yang memiliki fasilitas untuk antena external.

Ahirnya dengan optimis aku pasang deh itu antena dengan harapan mendapat signal yang muantab!!, setelah aku pasang dan tarrra aku dapetkan signal HSDPA, tapi gak lama kemudian kekecewaan kembali terkuak akibat DC, dan itu terjadi berulang-ulang, ketika aku perhatikan led merah pada modem sierra 881U ini menyala di susul dengan DC (disconnection).

Om google sungguh baik hati memberi berbagai solusi, mulai yang hanya ngibul semata sampai yang extrim solution ia berikan, gimana gak extrim dengan solusi yang mempertaruhkan modem sierra 881U ku ini modar.

Karena kejadian itu terus menerus terjadi ahirrnya aku tidak mempunyai pilihan selain mempertruhkan modem sierra 881U ku ini (toh aku masih punya cadangan :D), mulalilah aku mempersiapkan peralatan perang solder dan timahnya.

Pertama aku lepas batrei modem sierrra 881U ini dan di ikuti dengan mengkuliti charger nokia kesayangan, deg-degan sih karena volt dan amper tidak sama dengan yang tertera pada baterei modem sierra 881U, tetapi hidup memang penuh resiko (tet..teeet) aku beranikan diri aja dari pada DC terus capek juga jadinya, mana kerjaan gak kelar-kelar.

Setelah semua terpasang bertambah lagi deg-deg nya, usb tercolok dan charger nokia mulai bekerja dan ..... initializing.....conect----HSDPA.....uhuuuuuui modem menyala dan bekerja, 10 menit pertama lancar kemudian tiba-tiba DC lagi, dengan sabar aku connect lagi dan modem sierra 881U bekerja lagi dengan baik hingga satu jam pertama disusul berjam-jam berikutnya alias sukseeeees.

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan baterei modem sierra 881U kamu bisa coba ikuti jejak langkahku (kayak judul bukunya Om Pram) tapi tidak ada rekomendasi untuk itu semua :D (namanya juga usaha)
semoga berhasil sama


No comments:

Post a Comment